Cari di sini

Senin, 01 Oktober 2012

Bukti-bukti fisik awal perkembangan islam di Indonesia

Bukti-bukti fisik atau artefak yang menunjukkan awal islamisasi di Indonesia yaitu sebagai berikut.
1.    Batu nisan bertuliskan huruf Arab ditemukan di leran, Gresik. Batu nisan ini memuat keterangan tentang meninggalnya seorang perempuan yang bernama Fatimah binti Maimun yang berangka tahun 475 Hijriah (1082 M).
2.    Di Sumatera (dipantai timur laut Aceh Utara) ditemukan batu nisan Sultan Malik al-saleh yang berangka tahun 696 Hijriah (1297 M).
3.    Serangkaian batu nisan yang sangat penting ditemukan di kuburan-kuburan di Jawa Timur, yaitu di Trowulan dan Troloyo, dekat situs istana Majapahit. Batu nisan itu menunjukan makam-makam orang muslim, namun lebih banyak menggunakan angka tahun Saka India dengan angka Jawa Kono daripada tahun Hijriah dan angka Arab. Batu nisan yang pertama di temukan di Trowulan memuat angka tahun1290 Saka (1368-1369 M). Batu-batu nisan ini memuat ayat-ayat Al-Qur’an.
4.    Sebuah batu nisan muslim kuno yang bertarikh/bertanggal 822 M (1419 M) ditemukan di Gresik ( Jawa Timur). Batu nisan ini menjadi tanda makam Syekh Maulana Malik Ibrhim. Bentuk batu nisaan makam Maulana Malik Ibrahim (822 H/1419 M),di Gresik Jawa Timur memiliki kesamaan dengan bentuk batu nisan yang ada di Cambay, Gujarat India. Diperkirakan batu nisan tersebut diimpor dari Gujarat ke wilayah Nusantara yang beriringan dengan penyebaran Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar